Pernikahan putri pengacara kondang Sunan Kalijaga, Salmafina Sunan dengan hafiz Taqyuddin Malik harus berakhir dalam waktu singkat. Usia pernikahan mereka pun hanya seumur jagung, baru 3 bulan.
Alma, sapaan Salmafina mengatakan, dirinya diceraikan suaminya yang kini sedang berada di Mesir guna menuntut ilmu.
Taqy, sapaan Taqyuddin menceraikan Alma karena sejumlah hal yang tak disukai dari istrinya.
Sebaliknya, Alma melalui media sosial Instagram sempat mengungkapkan ihwal percerainnya karena pertengkaran.
Apa yang disampaikan Alma kemudian dibagikan akun gosip pada Instagram @mak.kepo.
Sahabat dari selebgram Awkarin ini berusaha menjelaskan kronologi pertengkarannya dengan Taqy.
Menurut Alma, saat itu mereka berada di Swiss dalam kondisi cuaca yang sangat dingin. Saat itu, Alma mengenakan celana panjang, lalu Taqy menegurnya karena tidak suka sang istri berpakaian seperti itu.
"Taqy tegur saya dia bilang tidak sesuai prinsip dia. Lalu, saya bilang dengan pengetahuan sederhana saya menenal Islam yang mungkin saja bisa salah. Saya bilang 'Taqi setau saya Islam itu flexible lho. Ketika tidak ada makanan lagi di hutan selain babi daripada mati ga papa lho makan babi'," kata Alma.
 Setelah itu, menurut Alma, Taqy marah dan memintanya untuk tak mengajari dirinya. Hal itu kemudian membuat Alma terkejut. 
"Saya digituin suami sendiri. Kok ya sombong banget sama istri. Saya kan baru hijrah justru dengan menikah dengan dia saya harap bisa menyempurnakan hijrah saya," tutur wanita yang baru berhijab ini.

Mansyudin Malik, ayahanda dari Taqy, angkat bicara perihal talak yang dilayangkan anaknya kepada Alma.
Menurutnya, ada alasan mendasar mengapa Taqy yang tengah berada di Kairo, Mesir, memutuskan menjatuhi talak kepada Alma.
"Kalau soal talak itu ada alasan prinsip dan mendasar. Krusial. Saya sudah tanyakan ke Taqy, tapi soal maksud prinsip biar kuasa hukum yang jelas-in," katanya, saat jumpa pers yang digelar di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (20/12/2017). 
Selain alasan mendasar tersebut, Mansyudin sebagai ayah, mengaku tidak mengetahui secara mendetail.

Salmafina Sunan dan Taqy Malik.
Baginya, Taqy sudah cukup dewasa untuk memutuskan hal tersebut. 
"Kan yang berumah tangga Taqy dan Alma," katanya. 
Menurut Mansyudin pula, ia sebagai orangtua sudah mencoba membujuk Taqy, dan berupaya untuk memberi nasihat terkait keputusannya tersebut. 
"Tapi ternyata tidak berhasil," ucap Mansyudin. 
Tak sampai di situ usaha ayahanda Taqy.

Minggu (17/12/2017) lalu, ia juga menyambangi kediaman Sunan Kalijaga dengan tujuan ingin bersilaturahmi. 
Namun, niat itu tak ditanggapi oleh pihak Sunan Kalijaga. 
Saat itu, Sunan menyebut kedatangannya tak tepat untuk membahas hal itu.
"Jadi, saya enggak bisa bicara apa-apa. Beliau juga WA saya, bilang kalau kita tidak usah ketemu lagi," lanjutnya.
Padahal, ia ingin bertemu dan bicara panjang lebar terkait masalah tersebut.
"Ya, saya sih agak kecewa, karena kita sebagai orang tua pengin bicara," kata Mansyudin. 
Taqy yang tengah menempuh pendidikan di Kairo, Mesir, telah menjatuhkan talak kepada Salma, melalui sambungan telepon.
Padahal, keduanya baru menikah pada 16 September 2016. 
Semula, Salma berniat menyusul Taqy dari tanah air ke Kairo. Namun, niat tersebut diurungkan lantaran Taqy sudah terlanjur menjatuhkan talak padanya. 
Semoga masalah rumah tangga mereka dapat berakhir dengan damai.

Related Posts

Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

0 komentar untuk Ngenes! Ternyata Inilah Celana 'Penghancur' Rumah Tangga Salmafina dan Taqy Malik!